Minggu, 19 Juli 2015

Pseudo K9

Pseudo K9
Alat Bantu Dalam Pelatihan Anjing Deteksi
Rachmatdi Hatmosrojo,SH / Aang Chambaraya

Tujuan Dari Semua Pelatihan Anjing Pelacak dan Deteksi
Adalah
Untuk Menghilangkan INDIKASI Yang Salah

Apakah yang di maksud dengan bahan Pseudo K9 dalam pelatihan anjing pelacak / deteksi  ?
Adanya perkembangan peredaran narkotika di wilayah negara Indonesia yang kian hari semakin meningkat tajam dan sudah sangat layak jika dianggap mengkhawatirkan. Hal ini sangatlah perlu sebuah tindakan nyata yang bukan hanya merupakan Slogan atau propaganda yang hanya  bersifat penyuluhan untuk menolak atau menjauhkan diri dari narkoba.

Sebenarnya bukan hanya masalah narkoba saja yang mengkhawatirkan tapi juga masalah terorisme dengan menggunakan bom yang sering menjadi ancaman yang dapat membuat umat manusia merinding dan ngeri membayangkan akibat perbuatan para teroris ini.

Salah satu pencegahan dan penanggulangan agar tidak semakin beredarnya bahan dasar bom dan narkotika adalah dengan menggunakan anjing-anjing yang telah dilatih untuk mendeteksi bahan narkotika atau bom.Hal ini disebabkan penggunaan anjing sudah terbukti jauh lebih efektik, praktis dan murah jika dibandingkan dengan alat modern yang dikatakan canggih namun sangatlah mahal. Chambaraya.com                                     

Kebutuhan akan pencegahan dan penanggulangan secara nyata akan peredaran bahan dasar untuk bom dan narkotika pada waktu ini memang sangat dirasakan terbatas, dikarenakan sulitnya mendapatkan bahan dasar untuk melatih anjing. Hal ini juga dikarenakan hanya kalangan tertentu saja yang dapat memiliki bahan dasar bom atau narkoba karena bahan-bahan tersebut sangat dilindungi oleh undang-undang sehingga tidak mudah untuk memilikinya walaupun tujuan memilikinya untuk tujuan Kebaikan. 

Hal ini juga dirasakan untuk para pemilik dan pelatih anjing SAR yang merasa sangat sulit mendapatkan bahan dasar untuk melatih anjing-anjing yang akan mereka latih,terutama bahan dasar mayat yang harus dari potongan tubuh manusia.

Besarnya keperluan dan kepentingan menjaga keamanan, kesehatan, dan kenyamanan yang mendesak membuat perlu adanya di negara Indonesia terobosan bahan dasar untuk melatih anjing deteksi yang kian hari semakin dirasakan sangat diperlukan kehadirannya dalam jumlah yang lebih banyak lagi namun tetap menjamin kenyamanan dan keamanan para pihak yang terlibat dalam proses melatih anjingnya.

Terobosan yang tepat adalah dengan menggunakan bahan imitasi yang dikenal dengan nama Pseudo K9.Pseudo K9 yang telah mulai di jual di asia dan Indonesia bertujuan untuk mengganti bahan dasar asli narkoba, bahan peledak, dan mayat yang susah dimiliki dan bahkan beresiko besar.Adanya Pseudo K9 telah di sosialisasikan sejak 2007 oleh team Chambaraya Dog Trainer Course ke beberapa kesatuan / unit K9 di Indonesia.

Apakah Yang Di Maksud Dengan Pseudo ?
Pseudo adalah berasal dari bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia berarti “Semu atau Palsu”.Maksud arti dari kata Pseudo sendiri dalam penggunaan kata sehari-hari adalah “Tiruan” atau “Bahan Tiruan”.

Apakah Yang Di Maksud Dengan Bahan Pseudo K9 ?
Bahan Pseudo K9 adalah Bahan Tiruan /Bahan Palsu atau Bahan Semu yang dibuat sebagai pengganti Bahan Asli dan digunakan untuk Bahan Dasar melatih anjing pelacak atau deteksi, sebagai target pelacakan atau deteksi.

Pseudo K9 adalah barang / bahan imitasi atau tiruan yang dibuat dengan memiliki Bau Dasar yang sama dengan bahan dasar aslinya.Walaupun memiliki bau yang sama, tapi pseudo K9 tidak dapat di konsumsi atau digunakan bagi pengkomsumsi narkoba karena unsur pseudo K9  terbuat dari berbagai macam bahan kimia yang hanya mengkhususkan untuk menghasilkan Aroma / Bau sesuai kebutuhan, dan tidak mempedulikan aktifasi bahan pseudo K9.

Pseudo K9 bahan peledak (Handak) juga BUKAN BAHAN PELEDAK sehingga tidak dapat dimanfaatkan aktif sebagai bahan peledak karena pseudo K9 bahan peledak hanya focus meracik bahan untuk membuat Aroma / bau yang sama dari setiap jenis bahan peledak dan tidak menfokuskan pada aktifasi ledakan bahan pseudo.

Pseudo K9 dibuat dari racikan bahan kimia yang memfokuskan pada pembuatan sebuah benda “Kualitas Bau khusus” yang di utamakan dan diharapkan baunya sama dengan benda aslinya. , Jadi Pseudo K9 Bukanlah bahan Berbahaya seperti bahan asli Narkoba dan Bahan peledak !!”

Pseudo K9 dibuat hanya untuk menghasilkan Aroma atau Bau murni yang merupakan aroma dasar atau bau Dasar dari sebuah Benda utama, dan aroma atau bau Pseudo dibuat untuk penciuman hidung anjing bukan untuk penciuman hidung manusia.

Pseudo K9 dibuat dan digunakan untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan resiko penggunaan atau penyalahgunaan benda/bahan asli jika Tidak digunakan sebagai bahan dasar untuk melatih anjing.                                                                    Aang. Chambaraya.com

Pseudo K9 dibuat juga untuk bertujuan menghilangkan keterbatasan / kesulitan para pelatih anjing mencari dan menggunakan bahan dasar untuk melatih anjing pelacak / deteksi,seperti contohnya ;    
                   -     Melatih anjing untuk mencari mayat / SAR.
-         Melatih anjing untuk deteksi Narkoba.
-         Melatih anjing untuk deteksi Bahan Peledak/Handak.

Pseudo K9 dibuat juga untuk menjaga Keamanan dan Kenyamanan semua pihak yang terlibat dalam pelatihan anjing deteksi, baik dari pihak anjing maupun pihak manusia yang terlibat langsung maupun tidak langsung.

Pseudo K9 Seperti Apa Yang Digunakan Untuk Melatih Anjing Deteksi ?
Pseudo K9 yang digunakan untuk melatih anjing deteksi adalah Pseudo K9  yang dalam bentuk tepung dan ada pula yang padat  dalam kemasan serta bentuk cairan dalam botol yang  dibuat hanya untuk Melatih Anjing.

Pseudo K9 Menjamin anjing akan lebih akurat dari pada menggunakan bahan asli yang rata-rata adalah bahan campuran. Pseudo K9 yang sangat di kenal adalah yang berbentuk tepung padat. Aang. Chambaraya.com
                                                                                                            
Perlukah Penyimpanan Khusus Jika Memiliki Pseudo K9 ?
Pseudo K9 yang telah di buka kemasannya Wajib di simpan di lemari pendingin bersuhu khusus, sedangkan Pseudo Cair / larutan  sebaiknya disimpan pada ruang pendingin yang bersuhu 2 – 8 derajat C untuk Pseudo K9 yang berbentuk cair dan bersuhu -20 derajat C untuk Pseudo K9 yang berbentuk padat/ bubuk. Pseudo K9 memang memerlukan perawatan khusus, namun hanya untuk pseudo K9 yang telah di buka kemasannya. Untuk lebih detailnya dalam hal ini sebaiknya coba konsultasi dengan pihak penjual Pseudo K9 atau pelatih anjing yang sudah berpengalaman menggunakan Pseudo K9, mereka  pasti akan dapat membantu.

Bagaimanakah Cara Penggunaan Pseudo K9 ?
Penggunaan Pseudo K9 memang memerlukan penanganan, pengetahuan, cara dan tehnik tertentu pada waktu digunakan dalam proses pelatihan anjing deteksi.Jangan sekali-kali menggunakan Pseudo K9 tanpa tahu secara detail tehnik dan cara penggunaannya yang benar. Jika baru pertama kali menggunakan Pseudo K9, sebaiknya di dampingin seorang ahli pelatihan anjing yang sudah punya pengalaman dan tahu banyak tentang Pseudo K9,serta telah membuktikan keampuhan Pseudo K9.Untuk hal ini sebaiknya coba konsultasi dengan pihak penjual Pseudo K9 yang biasanya sudah mempunyai hubungan dengan pelatih anjing yang telah terbukti berpengalaman dalam menggunakan Pseudo K9.

Ingat, Salah perawatan dan penggunaan Pseudo K9 akan berakibat Fatal terhadap hasil latihan anjing deteksi yang dilatih.

Siapa Saja Yang Bisa Memiliki Pseudo K9 ?
Yang dapat memiliki Pseudo K9 adalah Unit K9 Militer, Unit K9 Kepolisian, Unit K9 Instansi Pemerintah, Unit K9 satuan pengaman (satpam) dan Pelatih Anjing Deteksi Non pemerintah yang telah mendapat pengakuan atau penunjukan dari instansi terkait sesuai fungsi pelatihan anjing deteksi, namun sebenarnya semua pihak yang memiliki kepentingan dengan menggunakan Pseudo K9 bisa memilikinya.

Siapa Saja Yang Telah Menggunakan Pseudo K9 di Indonesia ?
Berdasarkan riset penulis,Di Negara Indonesia beberapa tahun terakhir ini selain Chambaraya Dog Trainer Course, 2006 (SAR, Narkoba & Handak) telah ada beberapa pihak  yang menggunakan Pseudo K9 untuk melatih anjing deteksi yang dimilikinya,antara lain ;
-          Unit K9 Sintel Kolinlamil TNI AL – Chambaraya, 2007 (Narkoba &   SAR).
-          Unit K9 Pomdam Jaya TNI AD – Chambaraya, 2007 (Narkoba).
-          Unit K9 Bea & Cukai Pusat – Chambaraya, 2013 (Narkoba).
-          Unit K9 Polri, 2006 (SAR).                                     Aang. Chambaraya.com

Mahalkah Harga Pseudo K9 ?
Jika ditinjau dari fungsi dan keamanannya serta akibatnya, maka boleh dikatakan harga Pseudo K9 relatif Tidak Mahal jika dibandingkan dengan kondisi ;
1)   Bahan asli yang sulit di dapat  / Tidak Mudah Di Dapat, bahkan Tidak Mungkin Di Dapat tanpa Proses yang sangat panjang dan melelahkan namun kadang tetap hasilnya nol untuk mendapatkannya.
2)    Resiko yang sangat besar dan akibatnya yang fatal jika menggunakan bahan asli yang di salah gunakan.
3)    Keamanan dan kenyamanan semua pihak.
4)    Hasil yang akan dicapai untuk tidakkan Pengamanan,Pencegahan, dan Penyelamatan  sehingga dapat menyelamatkan banyak Nyawa manusia.

Kondisi  dan Kesulitan inilah yang berakibat menjadi terbatasnya jumlah anjing deteksi bahan khusus (Narkoba / Handak / SAR) di Indonesia Khususnya. Berdasarkan kondisi tersebut inilah maka harga Pseudo K9 yang beredar di pasar dapat di katakan Tidak Mahal.

Dimana Bisa Mendapatkan / Membeli Pseudo K9 ?
Saat ini di Asia dan Negara Indonesia  khususnya,Pseudo K9 dapat dibeli di Distributor pembuat Pseudo K9 yang telah ada di Jakarta, yaitu ;
PT. Gandasari Ekasatya
Jl. Kemanggisan Ilir Raya Blok C No. 15 B, Jakarta Barat 11480 - Indonesia.
Email ; info@gandasari-ekasatya.co.id

Rachmatdi Hatmosrojo,SH / Aang Chambaraya
Leader & Founder Chambaraya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.