Selasa, 04 Agustus 2015

TIDAK ADA ANJING BODOH . . . "

TIDAK ADA ANJING BODOH KARENA ANJING TIDAK PERNAH SALAH
Aang Chambaraya / 2004

FILOSOFI MANUSIA BERTOLAK BELAKANG
DENGAN
FILOSOFI ANJING


Sering saya dan para Chambaraya mendengar sumpah serapah dan tudingan kepada anjing ; “Anjing Bego !, “Anjing Bodoh !, “Anjing Nakal !, dan banyak lagi sumpah serapah dan makian serta tudingan manusia kepada anjing. Yang menyedihkan para Chambaraya, ucapan ini juga sering di lontarkan oleh para pemilik anjing terhadap anjingnya sendiri atau terhadap anjing yang di temuinya. Yang lebih membuat Chambaraya prihatin lagi,ucapan ini di lontarkan oleh orang yang juga berprofesi sebagai Pelatih Anjing. Benarkah anjing seperti yang mereka katakan….?

Yang Pasti perlu anda ketahui para Chambaraya menyadari bahwa,“Bukan Kemauan Anjing Untuk Mengikuti Kemauan Manusia karena walaupun hidup bersama manusia, anjing tetap punya dunia sendiri”. Anjing Tidak Mengerti Bahasa Manusia, dan Anjing Bukanlah Manusia.Jadi Chambaraya TIDAK PERNAH memperlakukan anjing seperti layaknya manusia! Anjing hanya menjalankan kegiatan yang membuat anjing merasa nyaman dan anjing akan selalu menjalankannya jika kegiatan tersebut menyenangkan untuk pihak anjing. Anjing paling Benci menjalankan kegiatan yang pernah membuat anjing Tidak Nyaman, apalagi kegiatan yang pernah membuat anjing merasa sakit.
Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna dan tinggi derajatnya.Keadaan inilah yang sering menjadikan manusia sering menjadi sombong serta merasa paling Hebat dan Paling Benar jika berhadapan dengan ciptaan Tuhan yang lainnya.Manusia sering tidak menghargai ciptaan Tuhan yang lain dan cenderung meremehkannya.Rata-rata manusia memperlakukan ciptaan Tuhan lainnya seperti perlakuan Tuan besar yang keji di jaman kolonial terhadap Budaknya.
Anjing memang dibeli dan dipelihara oleh manusia tapi bukan berarti anjing Tidak mempunyai HAK! anjing mempunyai Hak yang Harus Diperhatikan oleh tuannya dengan baik dan benar.Hak yang paling Mendasar dari anjing adalah Hak Di Perlakukan Dengan Cara Yang Membuat Anjing Merasa Nyaman. Untuk membuat anjing merasa nyaman maka manusia sebagai ciptaan Tuhan yang paling di muliakan harus Tahu dan Mengerti Filosofi kehidupan anjing sehingga bisa memperlakukan anjing dengan Baik dan Benar serta Bijak.
Filosofi anjing bertolak belakang dengan filosofi manusia.Karena itu manusia yang sering atau selalu bersama dengan anjing minimal harus tahu dasar Filosofi hidup anjing. Jangan Menerapkan Filosofi hidup manusia kepada anjing. Jika manusia menerapkan filosofi hidup manusia kepada anjing maka yang akan terjadi adalah Timbulnya Benturan antara manusia dengan anjing,atau dalam arti lain akan tercipta Anjing Bermasalah Menurut Manusia.

Beberapa contoh perbedaan Filosofi anjing dengan filosofi manusia yang diamati Chambaraya team ;
1.   Manusia jika terkejut akan bergerak mundur lalu diam untuk beberapa waktu tanpa di sadari. 
    Sedangkan anjing jika terkejut akan bergerak maju lalu bergerak terus maju atau menghindar.
2.  Manusia jika bertemu dengan orang yang baru bertemu akan segera menatap mukanya. 
     Sedangkan anjing akan berusaha segera menghindar menatap muka anjing lain yang baru di temuinya dan segera bergerak ke samping.
3.    Manusia jika bertemu dengan orang yang baru ditemuinya akan segera menyapanya dengan tegur sapa penuh keakraban.
      Sedangkan anjing akan berusaha untuk Tidak mengeluarkan suara.
4.  Manusia jika bertemu dengan orang yang baru bertemu akan berusaha segera menyentuh orang orang tersebut dengan mengulurkan tangan untuk berjabat tangan.
Sedangkan anjing berusaha untuk Tidak bersentuhan dengan anjing yang baru di temuinya.
5.   Manusia jika berbuat kesalahan atau berbuat salah menurut orang lain, sering kali akan di marahi, di bentak-bentak dengan suara keras dan berulang-ulang sehingga yang dianggap melakukan kesalahan akan mengerti kesalahannya dan berhenti bergerak sambil menunggu reaksi selanjutnya dari yang memarahinya.
Sedangkan anjing jika sedang melakukan kegiatan yang menurut manusia adalah sebuah kesalahan sehingga di marahi dengan Hanya di bentak-bentak dengan suara keras dan berulang-ulang maka anjing akan menganggap bahwa manusia yang memarahinya berusaha memberikan semangat atau pujian terhadap kegiatan yang sedang dilakukan sehingga anjing semakin terus melakukan kegiatannya bukan menghentikan kegiatannya.

Bagi Chambaraya adalah sia-sia jika manusia Hanya membentak-bentak, berteriak-teriak, banyak bersuara atau banyak bicara pada anjing yang sedang melakukan kesalahan atau perbuatan yang Menurut manusia adalah hal buruk. Apa yang menurut manusia adalah buruk, belum tentu buruk untuk anjing. Malahan yang menurut manusia buruk, bagi anjing adalah hal yang NORMAL saja.
Manusia berkeinginan agar anjing mengikuti semua keinginannya, jadi manusia HARUS tahu dan mengerti cara terbaik menyampaikan keinginan manusia kepada anjing.Hal ini wajib dilakukan manusia  agar terhindar dari Salah Faham dan penindasan pada anjing, sehingga nantinya akan mempermudah proses anjing mengikuti keinginan manusia.

“Tekanan dan Kekerasan pada Anjing akan membuat anjing TAKUT. Jangan jadikan anjing Anda Patuh karena takut pada Anda tapi jadikan anjing Anda patuh karena menghormati / respect pada Anda”.


Rachmatdi Hatmosrojo, SH

Leader & Founder Chambaraya DTC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.